EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

DEWARUCIGoodwill Ambassador of Indonesia

DEWARUCI REBUT DUA GELAR JUARA SAVANNAH TALL SHIPS CHALLENGE DAN BERITA KADET SBG WARGA DEWARUCI

DUA GELAR JUARA KRI DEWARUCI DI SAVANNAH  TALL SHIPS CHALLENGE – 2012

New York,(18/5)

Kapal Latih Kadet  Akademi TNI AL dari jajaran Komando Armada Timur KRI Dewaruci dengan komandan Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dalam mengikuti event Savannah Tall Ships Challenge 2012 berhasil menyabet dua gelar sekaligus masing-masing sebagai juara pertama  kelompok kapal latih ( training ships) dan sebagai juara ke dua pada Race pertama Savannah – Cape Fear yang berlangsung 7 – 9 Mei 2012.

Disamping menyabet gelar, KRI Dewaruci juga  sebagai kapal yang sangat mendapat perhatian khusus  dari masyarakat Kota Savannah yang  sudah menyambut kehadirannya mulai kapal  memasuki alur hingga dermaga tempat kapal merapat, meriahnya sambutan  juga sangat nampak  saat peran parade roll  oleh seluruh peserta Savannah  Tall Ships Challenge 2012 .Mereka antusias berteriak Dewaruci-Dewaruci sambil melambaikan tangannya dan  para kadetpun sambil memainkan Drum Band Genderang Seruling  dan sebagian melaksanakan parade roll dengan menaiki tiang Bima, Arjuna dan Yudistira sambil membalas dengan melambaikan tangannya yang turut menyemarakkan suasana.

Pengumuman hasil pemenang  oleh panitia penyelenggara yang di ketuai oleh Jack Bussest baru diterima oleh KRI Dewaruci melalui emailnya (16/5) saat kapal berlayar menuju New York.Kelompok A ( cruising ships) Race pertama keluar sebagai juara satu  Pride of Baltimore II dari Amerika Serikat, juara dua KRI Dewaruci dan juara tiga Eagle ( WIX 327) dari Amerika Serikat. Sedangkan untuk kelompok  training ships KRI Dewaruci sebagai kapal latih kadet Akademi TNI Angkatan Laut keluar sebagai juara satu, dan juara dua di raih kapal latih Coast Guard Academy dari  Amerika Serikat.

Savannah Tall Ships Challenge 2012 di ikuti  16 kapal masing dari  benua Amerika , Eropa dan benua Asia hanya KRI Dewaruci saja, pada Race pertama Savannah-Cape Faear menempuh jarak 185 Nmil di tempuh dalam waktu dua hari. Semua peserta tidak ada yang dapat menempuh hingga finish karena cuaca tidak bersahabat, namun dari fihak panitia kapal peserta yang berhasil mencapai titik terdekat dengan garis finish ( 16 Nmil ) Pride of Baltimore II di nyatakan sebagai juara satu , KRI Dewaruci 68 Nmil dari garis finish dinyatakan sebagai juara dua dan Eagle  di belakang Dewaruci sebagai tiga.

Dewaruci sebagai kapal kebanggaanTNI AL berhasil mengharumkan  nama bangsa dan negara meskipun di awal start tertatih-tatih untuk bergerak, namun berkat semangat  juang yang ditanamkan oleh Komandan begitu besar akhirnya kapal pun dapat mengembangkan layarnya dan bisa bergerak  pelan tapi pasti hingga batas akhir waktu yang ditentukan oleh panitia masih dapat menggunakan layar sebagai penggerak kapal meskipun kapal peserta lainnya sudah menyerah untuk segera menghidupkan mesin.

Saat ini kapal lego di depan lokasi patung Liberty USA , sambil menunggu waktu untuk masuk ke New York sesuai jadwal dari panitia (23/5) bersama kapal peserta lainnya. Para kadet yang tergabung dalam KJK 2012 USA sesuai jadwalnya masih menempuh praktek Astronomi,navigasi datar, navigasi lingkaran besar, Komunikasi,Peraturan pencegahan tubrukan di laut (PPTL), Komunikasi, peran Layar dan  peran-peran di kapal lainnya serta Peraturan Umum Dinas Dalam Khas TNI AL/ Phst, keperwirajagaan serta paparan persiapan kapal masuk pelabuhan yang merupakan syarat kenaikan tingkat bagi seluruh kadet  tingkat dua untuk naik ke jenjang berikutnya.

74 KADET AAL ANGKATAN – 59  MENJADI WARGA DEWARUCI

New York, (23/5)

Upacara ritual pengangkatan warga KRI Dewaruci terhadap 74 kadet Akademi TNI AL Angkatan – 59 korps pelaut, suply dan korps marinir  yang tergabung dalam Satuan Tugas ( Satgas ) Kartika Jala Krida gelombang pertama di Amerika Serikat  (12/5)  berlangsung di geladak utama KRI Dewaruci dalam perjalanan  dari Savannah menuju  New York pada posisii  32 ͦ   23’ 36” U dan 79 ͦ  28’ 54” B.

Bertindak selaku Inspektur upacara Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto,  Perwira upacara Lettu Laut (P) Yacob Tri.R, Bima diperankan oleh Kopda TTG Martuko, para punggawa terdiri dari 13 personil, 1 bintara serda Bah Satriya dan  12  tamtama pendamping.

Prosesi upacara diawali dari dalam ruang tidur kadet merayap mengelilingi koridor geladak tengah 2 putaran kemudian naik ke geladak utama  masih dalam posisi merayap mengelilingi haluan hingga buritan kapal, sambil di siram air laut mereka terus merayap 2 putaran diteruskan menaiki tiang Bima yang terletak di haluan kapal untuk mengambil kata sandi yang sudah di siapkan di bordes oleh anggota Departemen  Bahari. Selama pelaksanaan memanjat tiang Bima  seluruh anggota Departemen Bahari siaga mengawal para kadet untuk menjaga keselamatan selama kegiatan berlangsung. Setelah semua mengambil kata sandi datanglah Bima dari buritan kapal menuju Geladak tengah tempat berlangsung upacara, kemudian Bima laporan kepada Komandan upacara bahwa  74  kadet  siap di babtis menjadi warga Dewaruci.  Pelaksanaan pembaptisan dimulai dengan memanggil satu-persatu untuk menghadap Bima laporan siap di baptis menjadi warga KRI Dewaruci. Mencium kaki Bima menjadi salah satu kewajiban para kadet di teruskan pemberian obat oleh para punggawa agar kondisi para kadet tetap fit selama mengikuti pelayaran berikutnya.

Tidak seperti biasanya para kadet yang di baptis dalam kesempatan ini tidak mendapatkan sertifikat mandi katulistiwa, karena mereka dalam pelayaran di benua Amerika Serikat tidak melewati garis katulistiwa sehingga di kemudian hari apabila para kadet mengikuti pelayaran KRI Dewaruci melintasi garis katilistiwa pasti akan menjalani pembabtisan kembali  . Hal ini sudah sisampaikan kepada para kadet sebelum acara di mulai, karena dalam kesempatan ini hanya di angkat menjadi warga Dewaruci.

Diakhir upacara salah satu perwakilan kadet marinir  serkad(M)  Ali Iskandar Niapele menyampaikan kesan dan pesannya bahwa kadetr tersebut baru kali ini mengikuti pelayaran dengan KRI Dewaruci,  pada awalnya naik kapal saat kapal tolak dari Miami menuju Savannah lansung mabuk berat. Akan tetapi selang  tiga hari sudah bisa menyesuaikan diri sehinga mabuk sudah tidak lagi menghantuinya.

NB. TV ONE KATANYA TELAH MENYIARKAN BAHWA KRI DEWARUCI TELAH SAMPAI DI NEW YORK, ITU TIDAK BENAR. KRI DEWARUCI MASIH LEGO DI DEPAN PATUNG LIBERTY, MASUK KOTA NEW YORK BARU TGL. 23 MEI 2012 BERSAMA KAPAL PESERTA LAINNYA UNTUK TERLEBIH DULU SAILLING PAS, KEMUDIAN BARU AKAN SANDAR DI TEMPAT MASING-MASING.

You have to be logged in .